You Are Reading

1

KiAt-kiAT BaNgUN MaLAm (TaHAjUd) butuh uSaHA dan KeSaBaRAn

GIBRANO MUTHOTA Selasa, 08 Juni 2010


Bangun Malam atau Tahajud ; Hampir kebanyakan orang mengeluh dirinya sulit sekali bangun malam apalagi untuk pertama kalinya mata terasa sepet untuk melek sepertinya mata ini diganduli setan. Memang benar bangun malam itu tidak mudah. Ia butuh usaha dan kesabaran untuk memudahkan bangun malam ikutilah kiat-kiat berikut ini :

Tinggalkan MAKSIAT dan DOSA ! , Sebab KEDUAnya menghalangi manusia dari KETAATAN. Niatlah sungguh-sungguh untk bangun malam dan iklas karena ALLAH. apalagi kalau disertai dengan do'a sebelum tidur memohon memohon kekuatan untuk bangun tengah malam.

Surat Al -Israa 17 : 80-81;
Waqurrobbi ad khilnii mud khola shidqiw wa 'akh rijnii mukhroja shidqiw waj 'al lii mil-ladungka sulthonan nashiiroo . (80)
Waquljaa 'alhaq-qu wadzahaqol baatil innal baathila kaana dzahuuqoo. (81)
Artinya :
"Dan katakanlah ; Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkalah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong "
Kata TAHAJUD sendiri dalam bahasa arab berarti bergadang, sehingga makna Tahajud adalah Sholat sunah di malam hari yang dilakukan sesudah tidur.
Tahajud juga bisa disebut sebagai qiyamullail karena, pelaksanaannya di waktu malam.

Perbedaan antara Tahajud dengan qiyamullail.
Tahajud hanya dilakukan sesudah tidur, sedangkan qiyamullail bisa dilakukan sebelum tidur atau sesudah tidur; Selain itu qiyamullail bisa berupa sholat atau amalm ibadah lainnya, seperti tilawah, tasbih, atau lainnya. Sedangkan tahajud hanya berupa sholat saja.

Hal ini sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur'an : "Dan pada sebagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Firma Allah dalam Surat AL' Kahfi 18:110 :
Katakanlah; Sesungguhnya aku ini manusia seperti kamu kamu, yang diwahyukan kepadaku. " Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa " Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya.

Bersegeralah tidur, jangan terlalu banyak makan di malam hari karena, efeknya akan membuat malas beribadah. Niatkanlah sebelum tidur dan berdo'a memohon agar diberikan kekuatan untuk melaksanakan sholat Tahajud.
Mudah-mudahan do'a atau air matamu di sepertiga malam bisa menyelamatkanmu dari siksa Neraka.
Rosululloh SAW. pernah ditanya " Sholat apakah yang paling utama setelah sholat Fardhu ?"
Beliau menjawab "Sholat di tengah malam ," Ia bertanya " Dan Puasa apakah yang lebih utama setelah Ramadhan ?". Beliau menjawab " Puasa pada bulan Muharam ."

Menjelang akhir do'a tahajud dalam sholat;
Memohonlah kepada Allah agar : - Di Jauhkan dari siksa Kubur dan Siksa Neraka Jahanam
- dari Fitnah Kehidupan dan Fitnah kematian
- dari fitnah Dajjal
- Dihapuskannya dari segala Dosa-dosanya
- di bebaskan dari belenggu hutang-hutangnya
- Mohon Di angkat Derajatnya
- Mohon dilapangkan Rejekinya
- Mohonlah sesuai dengan keinginan anda.

Rosululloh SAW. dalam sholatnya : " Ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepada-MU dari adzab kubur dan aku berlindung kepada-MU dari FITNAH DAJJAL dan aku berlindung kepada-MU dari fitnah kehidupan dan kematian. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-MU dari DOSA dan HUTANG."
Aisyah Rodhiallohu anha berkata : " Betapa seringnya engkau memohon perlindungan dari hutang wahai Rosululloh ?. Beliau menjawab : " Sesungguhnya orang yang berhutang itu bila berkata Dusta dan bila berjanji Mengkhianati."

Abu Bakar Shiddiq r.a. bertanya kepada Rosululloh SAW. " Ajarkanlah kepadaku do'a yang kupanjatkan dalam Sholat" Rosululloh Menjawab " Ucapkanlah : " Ya Allah sesungguhnya aku terlalu banyak menganiaya diriku sendiri dan tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau maka ampunilah aku dari sisiMU dan sayangilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

"Robbana Dzolamna Amfussana wa ilam taghfirlana watarhamna lanakunanna minal khosyirin."

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

1 komentar:

- Nuby - mengatakan...

ini dia kiat jitu untuk bangun malam(tahajjud)yang dicari,, Thanks my Father, i try,,,

 
Copyright 2010 uNeQ-UnEq mAMpEt