You Are Reading

0

BeRiStiGHfaR diSAat BeRjaBat tangan , UCapKAn ALhaMdULiLLaH di SaAT MeLePAsKaNnYA

GIBRANO MUTHOTA Selasa, 30 November 2010




Banyak diantara kita yang tidak tahu apa yang harus diucapkan pada saat kita berjabat tangan dengan orang lain. Dan apa maknanya dibalik jabatan tangan itu sendiri.
Nabi Muhammad Rosululloh SAW.mengajarkan kita tata cara bagaimana seharusnya kita berjabat tangan yang baik dan apa yang harus kita ucapkan sebelum, saat dan sesudah berjabat tangan.

Pertama ucapkan salam sebagai sesama muslim, kemudian berjabat tangan erat sambil berucap ISTIGHFAR bila perlu peluk kanan kiri, setelah lepas jabat tangan ucapkan ALHAMDULILLAH.
Apa makna semua ini,
Karena disaat kita berjabat tangan dan keduanya mengucap Istighfar sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa2 kita seketika itu juga.
Dan pada saat kita melepaskan tangan dan berucap Alhamdulillah, maka Allah akan menurunkan rizki untuk kita yang tidak disangka-sangka darimana datangnya.



Diterima dari Al-Barra bin ‘Azib r.a. yang berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Jika dua muslim saling bertemu, lalu saling berjabatan tangan, saling memuji Allah (sama-sama mengucapkan alhamdulillah), serta sama-sama beristighfar (memohon ampunan dosa) kepada Allah, pasti mereka akan diampuni dosanya.” Menurut satu riwayat, Rasulullah saw. bersabda, “Tiada dua muslim yang saling bertemu, lalu mereka saling berjabat tangan kecuali mereka akan diampuni dosanya sebelum mereka berpisah.” (Riwayat pertama dan kedua dikeluarkan oleh Imam Abu Dawud dalam kitab Al-Adab (5211 dan 5212) bab tentang mushafahah; Imam Turmudzi mengeluarkan dalam kitab bahasan mengenai minta izin (2727) bab tentang penjelasan mengenai mushafahah; Ia mengatakan: hasan ini hasan gharib; Ibn Majah mengeluarkannya dalam kitab adab
(3703) bab tentang mushafahah; hadits tersebut, sebagaimana dikatakan Syaikh Albani dalam Al-shahihah (II: 47)

Cobalah mulai hari ini praktekkan dari diri anda sendiri, dan membiasakan diri untuk hal-hal yang lebih baik.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

 
Copyright 2010 uNeQ-UnEq mAMpEt